Top Ad unit 728 × 90

News Ticker

recent

Azura Nabilah Mahasiswi Kedokteran UGM, Bicara Tentang Tentang Mimpi.



Kali ini mimin mau share pengalaman dari salah satu teman mimin. Kenalkan namanya Azura Nabila Putri, dia adalah salah satu mahasiswi di Universitas Gadjah Mada jurusan Pendidikan Dokter. Melihat label kampus dan Jurusannya saja teman-teman sudah bisa sedikit menebak dia orang yang seperti apa. 




Imej intelek memang sangat melekat kepada mahasiswi satu ini, tapi jangan salah lho. orangnya tidak jaim jadi kalau misalnya adik-adik mau tanya-tanya sesuatu khusunya tentang Jurusan (Kedokteran) dan Kampus (UGM) silahkan tanya, Oke. 

Dibagian bawah Artikel ini juga mimin akan cantumkan juga kontak-nya. jadi kalau mau tanya sesuatu sama dia silahkan saja, yang penting jangan diwaktu kuliah atau tengah malam.

Hihi, orangnya pasti lagi tidur atau begadang kerja tugas dari dosen.

Oke, tanpa panjang lebar lagi langsung ajahh.,


***

“Tinggalkan gengsi, hidup berawal dari mimpi. Gantungkan yang tinggi agar semua terjadi.”



Dari lirik lagu yang aku kutip itu memang agak sedikit klise. Tapi dari hal yang kadang kita anggap klise kini malah menjadi kenyataan. Ya, Dan itulah yang terjadi padaku.


Aku memang orang yang percaya akan sebuah mimpi. Mimpi dalam arti cita-cita dan juga mimpi sebagai bunga tidur. Jujur sih, aku kalo tidur jarang mimpi, tidurku selalu nyenyak, nggak tau kenapa. Jadi kalo tiba-tiba dapet mimpi pas tidur, sering banget jadi kenyataan. Wajar aja kalo aku sangat percaya dengan sebuah mimpi.


Mimpi itu ibarat iman yang harus dipercaya dalam hati, diucapkan dengan lidah, dan dibuktikan dengan tindakan. Mimpi itu bukan cuma untuk dimimpi-in aja, mimpi itu juga harus  diraih dan untuk digapai.

Jujur, mimpiku dari SD adalah ingin menjadi seorang dokter. Kalau dulu mau dibelikan mainan sama mama atau keluarga, pasti mintanya mainan dokter dokteran. Mungkin sekedar cita-cita pasaran sebagai anak kecil kalo ditanya mau jadi apa kebanyakan pasti mau  jadi dokter, polisi, guru, pilot, dll.

Tapi kata mama pas aku ditanya kenapa mau jadi dokter?, Aku jawabnya biar aku bisa ngerawat mama papa dan keluarga nanti. Udah niat banget dari SD mau jadi dokter. Itu cita-cita zaman SD.

Beralih ke SMP. Menurutku pas SMP itu masa tergalauku ketika ditanya mau jadi apa. Soalnya aku bingung mau jadi apa. Just let it flow, menjalani keseharian sebagai anak baru gede yang doyan seneng-seneng gak terlalu mikirin masa depan. Aktif di berbagai kegiatan OSIS, ekskul, baris-berbaris, sampe jadi reporter buletin. Pokoknya pas SMP itu gak mikirin diri banget mau jadi apa nantinya.

Lanjut ke SMA. Nah, barulah disini titik balik diriku dari masa SMP. Yang dulunya suka main-main sana-sini berubah 180 derajat. Kebetulan aku memang masuk di sekolah swasta, namanya SMA Al-Kautsar.

Kehidupanku ini beda banget sewaktu SMP. Masuk jam 7:15 pulang jam 15:30. Hampir seharian di sekolah. Yeah but I enjoyed the process. Niat awalku dulu memang mau serius pas SMA. Udah agak mikir “mau jadi apa” nantinya.

Kebetulan saya masuk di “kelas diskon” dan Alhamdulillah selama sekolah disini dapet “diskon” terus, jadi bayar SPP-nya 0 (Nol)  Rupiah, hehehe.

Pas SMA cita-citaku ganti-ganti. Waktu kelas 10 pengen banget masuk HI (Hubungan Internasional) UGM dan berniat kelas 11-nya ngambil IPS. Tapi apalah daya dari hasil tes minat dan bakat pas mau naik kelas 11 ternyata minatku dan bakatku jatuh di IPA. Jadi yaudahlah ya gak jadi mau HI-UGM nya. Aku tetep mikir positif aja berarti aku emang gak cocok di IPS. Dengan sangat senang dan ikhlas aku masuk  kelas IPA.

Kelas 11. Eh ternyata asik juga jadi anak IPA. Ternyata emang beneran minat dan bakatku di IPA. Enjoy banget ngejalanin masa-masa kelas 11 sembari menorehkan prestasi buat sekolah. Alhamdulillah udah sampe tingkat Sumbagsel. Alhamdulillah juga peringkatku naik lagi . Tapi di kelas 11 semester dua aku mulai galau mau ngambil apa buat kuliah.

Udah sering konsul tuh sama tentorku di tempat bimbel bagusnya ngambil apa sesuai dengan nilai dan minatku. Tentorku cuma menyarankan yang penting sekarang belajar yang bener dulu sambil terus berdoa sama Allah biar dikasih yang terbaik. Tapi ya namanya juga manusia, aku belum puas sama jawaban tentorku. Makin sering deh aku kepoin berbagai macam website buat memenuhi rasa ingin tahuku.

Tiba-tiba udah tahun pelajaran baru aja. Aku naik ke kelas 12. Jadi yang paling tua di sekolah. Harus bisa jadi contoh buat adik-adik kelas. Dan yang terpenting harus bisa bawa nama baik sekolah. Kesempatan untuk ikut lomba juga makin berkurang. Yaaa dengan satu alasan: fokus belajar.

Penggalauan masal terjadi. Aku dan temen-temenku mulai bingung mau lanjut kemana. Aku tetep minta diberi yang terbaik sama Allah. Sejauh ini pilihan prodi untuk melanjutkan kuliah masih dilema antara dua pilihan, Teknologi Informasi atau Pendidikan Dokter.

Universitasnya masih sama, aku hanya tertarik mau ngelanjut ke UGM, ke kota kelahiran. Pengen ngambil pendidikan dokter karna cita-citaku dari dulu jadi dokter, pengen jadi dokter buat keluargaku nanti, jadi dokter buat mama dan papa kalo mereka tua nanti. Pengen ngambil TI karna aku tertarik sama dunia teknologi.

 Dua-duanya pilihan yang sulit. Siang malam, pagi sore, setiap habis solat aku berdoa supaya jalanku dimudahkan. Tahajjud, dhuha, istikohoroh dilakuin untuk minta petunjuk.

Sampai suatu hari, aku menjuarai sebuah perlombaan bergengsi di Lampung yang diadakan oleh Universitas Lampung. Dari 144 regu, alhamdulillah reguku berhasil meraih juara 1 dan mendapat golden ticket diterima di FK Unila. Lagi-lagi aku berpikir apakah hadiah ini merupakan pertanda dari Allah buat aku? Apakah ini memang jalanku?



Sampai akhirnya masuk ke semester 2 kelas 12. Masa-masa penentuan banget. Jujur, Selama libur aku galau mikir nanti snmptn mau ngisi pilihan apa, beberapa bulan lagi aku bakal kuliah dimana. Aku terus berdoa supaya jalanku dipermudah dan diperlancar. Istikhorohku belum terjawab. Pilihanku masih stuck antara FK atau TI. Aku tetep berdoa terus. Udah konsul sama mama papa selama liburan. Sempet buat pusing mama papa juga gara-gara aku nanya terus enaknya ngambil FK atau TI.

Hari pertama masuk semester 2, pas banget banyak jam kosong. Aku iseng dateng ke BK buat curhat dan sekalian konsultasi. Aku tau peringkatku di bawah peringkat temenku yang sama-sama mau masuk PD UGM. Prestasi dia lebih banyak dari prestasiku. Aku dinasehatin banyak. Ya akhirnya konsul hari itu membuahkan sebuat keputusan: aku ngisi TI di pilihan pertama.

Tapi entah rasanya masih belum plong hasil konsul hari itu. Pulang sekolah aku cerita ke mama tentang konsul ke BK tadi. Mama nyuruh aku konsul lagi besoknya karna aku masih galau.

Besoknya aku berniat konsul lagi ke BK. Tapi berhubung gak ada jam kosong aku berniat konsul pas jam istirahat pagi. Eh tiba-tiba ada temenku dari kelas lain bilang kalo aku disuruh ke BK sekarang. Aku bingung kenapa aku dipanggil ke BK,  pas udah di BK entahlah tiba-tiba rasa deg-degan itu muncul. Kepala cenat-cenut, mulut pait, mules tiba-tiba. Udah kayak nunggu hasil lomba.

Ternyata temenku yang peringkatnya diatasku gak jadi ngambil PD UGM karena gak dibolehin orangtuanya, padahal aku tau temenku itu dari kelas 10 cita-citanya mau ke UGM. Aku tetep berpikir positif, mungkin ini salah satu jawaban Allah buat aku.

Oke, dah fix dari situ aku ngisi pilihan pertama PD UGM dan pilihan kedua TI UGM di SNMPTN.
Dari rentang waktu nunggu pengumuman SNMPTN aku terus berdoa sama Allah dan minta didoakan sama orang-orang sekitar, temen-temen, guru-guru, tentor bimbel, keluarga besar.

Aku juga gak terlalu berharap lulus di SNMPTN karena yaa nilaiku begitu naik turun gak stabil. Dari awal semester satu nyiapinnya buat SBMPTN sama Ujian Mandiri jadi kalo nanti gak lolos SNMPTN gak gelagapan nyiapin buat tes tulisnya.

“ Di suatu malam, tiba-tiba aku mimpi lagi naik sepeda mau pulang kampung. Suasananya adeeeem banget. Banyak sawah. Pepohonan hijau disana sini. Bahasa yang digunain sama warga sekitar itu bahasa jawa. Eh trus pas lagi asik-asik naik sepeda tiba-tiba di depan ada jembatan roboh. Aku bingung mau lewat mana dan akhirnya aku memutuskan untuk puter balik. Tapi aku lupa jalan dan akhirnya aku nanya aku lagi berada di daerah mana. Trus ada ibu-ibu yang ngasih tau aku lagi berada di daerah STOVIA. Nah abis dikasih tau nama daerah itu tiba-tiba aku kebangun gara-gara azan subuh. “

Habis mimpi itu aku bingung STOVIA itu apa. Kok kayaknya nama itu gak asing. Kayak pernah denger tapi dimana gitu aku lupa. Semacam nama sekolah tapi apaa ya, aku gak tau.

Akhirnya pas di sekolah aku cerita sama teman sebangku-ku tentang mimpi itu. Temenku bilang mungkin itu pertanda bakal diterima di UGM. Yaaah, aku mengaminkan aja sih. Semoga beneran jadi kenyataan.

Pas mau Ujian Sekolah materi sejarah aku ngereview materi di lks sejarahku. Eh asal asal buka halaman trus tau-tau kebuka halaman tentang STOVIA. Dan kalian tau apa STOVIA itu? STOVIA itu sekolah untuk para dokter di pulau jawa pada zaman kolonial. Sekolah dokter guys :’)

Entahlah ini pertanda atau bukan. Yang jelas aku tetep mikir positif aku bakal diterima kedokteran. Aminn.
Berselang beberapa hari kemudian, pas aku tidur siang di rumah aku mimpi lagi. Entah awalnya gimana. Di mimpiku itu aku lagi tidur siang juga. Nah tiba-tiba aku bangun trus buka pengumuman SNMPTN. Dan ada tulisan 

Selamat Anda diterima di Fakultas Kedokteran Prodi Pendidikan Dokter Universitas Gadjah Mada.”

Habis liat pengumuman itu tiba-tiba aku kebangun dari tidur siangku karena udah azan ashar. Kaget aja kenapa tiba-tiba aku dapet mimpi kayak gitu. Trus aku cerita mimpi itu ke mama. Mama ngerespon positif, mama bilang semoga jadi kenyataan. Aku langsung ngambil wudhu trus solat ashar. Berdoa minta diberikan yang terbaik pas aku buka pengumuman nanti.

Teng teng teng ! Hari yang ditunggu-tunggu tiba. 9 Mei 2015 Hari Pengumuman SNMPTN. Pas banget 9 mei juga aku tes STIS tahap 1. Tesnya pagi. Trus pengumuman SNMPTN-nya sore jam 5. Aku selesai tes STIS jam 12an. Aku pulang ke rumah, solat, trus daripada galau nungguin pengumuman yaudah deh aku tidur aja capek abis tes soalnya. Daaaan. Aku kebangun jam setengah 4.

Kondisi rumah kosong, cuma aku aja yang di rumah. Mama papa pergi, salsa masih sekolah. Aku langsung sholat ashar karena udah jam setengah 4. Rasa galau mulai muncul lagi. Kepala pusing, cenat cenut, jantung berdetak lebih cepet, perut mules gak jelas, ah beneran grogi mau buka pengumuman. Mana udah jam setengah 5 dan mama papa belum pulang. Aku niatnya mau buka pengumuman bareng mama papa. Jam 5 kurang mama papa pulang.

Trus mama ke kamarku cerita-cerita dan ngasih motivasi ke aku kalo seandainya aku gak keterima SNMPTN. Eh gak kerasa udah jam 5 lewat 3 menit. Aku langsung ke depan laptop buka pengumuman sama mama papa.

Pas loading pertama eh web nya eror. Aku refresh lagi eh masih tetep eror. Trus mama yang ngerefresh eh trus keluar tuh tapi gak ada tulisan keterima apa gaknya.

Aku penasaran kan akhirnya aku refresh lagi. Eh masih sama gak ada tulisan keterima apa gaknya. Udah mulai agak gimana gitu karena gak diterima. Trus aku iseng ngescroll ke bawah di pengumumannya itu. Eh trus ada tulisan di kotak hijau gini





“Selamat, Anda dinyatakan lulus SNMPTN 2015″

 Ya Allah pas liat tulisan ini kayak mimpi banget. Mimpi yang aku ceritain diatas kayak dejavu (pernah liat,pernah mengalami) gitu. Mimpiku yang dulu kini menjadi kenyataan.

Aku mama papa langsung nangis terharu, berpelukan bertiga. Baru kali ini aku melihat mama dan papa kayak gitu. Nangis terharu karena saking seneng anaknya diterima, seneng anaknya bakal jadi dokter. :’(

Sujud syukur atas segala nikmat yang Allah berikan ke aku di sore itu. Mama langsung telpon eyang ngasih tau kalo aku diterima dan eyang pun ikut seneng sampe kedengeran di telpon eyang juga ikut nangis.

Sore itu bener bener sore yang gak terlupakan dimana aku bisa ngeliat mama papaku menangis bahagia karena aku. Mungkin selama ini aku belum bisa kasih apa-apa ke mereka, tapi di sore itu, karena pengumuman itu, aku bisa liat kalo mereka bahagia banget.

Alhamdulillah ya Allah. Nikmat terindah untukku di tahun 2015 ini setelah berbagai kegagalan dan kekalahan di awal tahun, ternyata Engkau menjawab doa doaku di sore itu.

Bermimpilah, berusahalah, berdoalah. Karena Tuhan Yang Maha Penyayang akan menjawab mimpi-mimpi itu.



Azura Nabilah Putri
yogyakarta, juli 2015


– Gadis yang berusaha meraih mimpinya

Artikel ini sudah mendapatkan persetujuan dari sang penulis untuk diposting ulang. Old post : azuranabilap.tumblr.co*m/

 Ask Fm:  m.ask.fm/azuranabilap


Azura Nabilah Mahasiswi Kedokteran UGM, Bicara Tentang Tentang Mimpi. Reviewed by Dani on 17:27:00 Rating: 5
All Rights Reserved by Ramdhani alqadri © 2014 - 2015
Designed by Themes24x7

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.