Top Ad unit 728 × 90

News Ticker

recent

Menghilangkan rasa malas dengan Tindakan produktif

Boring to the perfection

Tahukah anda bahwa sesungguhnya rasa malas itu merupakan salah satu penyakit mental? kadang juga saya bahasakan kelemahan mental dan memang kenyataannya begitu. Kebiasaan malas adalah penyakit mental yang timbul karena takut menghadapi konsekuensi masa depan..

Secara psikologis, malas memang bukan penyakit fisik yang dapat terlihat secara kasat mata. Malas adalah salah satu penyakit dari dalam diri manusia yang berbahaya karena menyerang hati dan otak, pusat seluruh organ kita. Penyakit malas ini secara epidemiologi tidak memandang orang, waktu, dan tempat. Seluruh golongan umur, tua, muda, anak-anak, remaja dapat terkena penyakit ini. Seluruh tempat di dunia ini bisa terjangkit wabah malas, kapanpun!  dan diamanapu!

Rasa malas merupakan hal yang patut untuk kita perhatikan, jika tidak maka bisa membawa dampak negatif terhadap karir, pendidikan bahkan kesehatan yang anda miliki. Oleh karena pada postingan kali ini saya ingin mencoba mengulas sedikit cara mengatasi rasa malas dan sering menunda menjadi sebuah tindakan yang Produktif. Check it out:


I hate boring

  • Niat yang Paling Penting
Kenapa saya mengatakan niat yang paling penting? karna seluruh hal yang telah anda rencanakan akan dikali NOL jika anda tidak menyertakan niat didalamnya. contoh kecilnya Sebelum tidur anda telah merencanakan untuk bangun pagi dan olahraga tapi tanpa diserta dengan niat yang kuat rencana anda berakhir sampai disitu tanpa tindakan yang nyata. Jadi intropeksi dirilah dan milikii keinginan yang kuat untuk berubah. Untuk berubah pun, hilangkan dalam kamus anda kata "BESOK","Nantipi","basih banyak waktu". Mulailah dari sekarang tak ada kata nanti, esok, ini dan itu. Semua sudah harus dimulai dari saat ini. karena tugas kita lebih banyak dari kesempatan yang kita miliki. Kalau bukan sekarang kapan lagi? Kalau bukan kita, siapa lagi? Dan kalau bukan dari hal ini darimana lagi? Camkan itu :-D

 "Sifat dan perbuatan malas memang manusiawi, namun janganlah anda semakin me- manusiakan rasa malas"  
  
  • Dimulai dari Pagi Hari
Pagi hari merupakan waktu emas dimana otak berkonsentrasi tinggi dan tubuh masih dalam keadaan segar.
Menghirup udara yang segar dengan cara berdiri di dekat jendela atau berolahraga santai akan menambah kesegaran dipagi hari dan saya rasa ini salah satu cara ampuh untuk menghilangkan kemalasan.
Salah satu tips yang saya rekomendasikan adalah  biasakan ketika Anda bangun pagi, sarapan, dan mandi, langsung kerjakan hal yang menurut Anda sulit di pagi hari. Jangan ditunda hingga siang hari, apalagi sampai larut malam sebab jika banyak menunda pekerjaan tentu akan menumpuk beban pikiran dan pekerjaan otomatis akan bertambah, ujung-ujungnya Anda menjadi malas untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut. Dan yang lebih parahnya lagi, di esok harinya pula Anda bisa lebih malas karena pekerjaan dihari sebelumnya belum beres (terselesaikan).

"Usahakan penuhi hari-hari dengan kegiatan dan aktifitas. Dari aktifitas- aktifitas yang kita lakukan mungkin akan membentuk sebuah kebiasaan baru yang menyenangkan hingga kita akan merasa senang melakukannya."

  • Bergaul dengan Orang sukses
Pergaulan sedikit banyak mempengaruhi kepribadian dan tingkah laku seseorang. Ketika kita sedang merasa malas, cepat-cepatlah mencari lingkungan atau komunitas yang baik. Lihatlah teman anda yang sukses karena dirinya giat dan tekun dalam bekerja bisa memacu semangat Anda agar ikut ulet dalam mengerjakan sesuatu. Jangan enggan menanyakan hal apa saja yang memotivasi teman Anda sehingga bisa sukses seperti sekarang. Disinilah peran penting seorang teman dan orang lain untuk dapat memberikan support dan bantuan bagi kita untuk dapat bangkit kembali. Dari lingkungan yang baik kita akan dapat mengembangkan kemampuan yang lainya. Kenali diri, gali potensi, raih prestasi.



  • Benahi hati
Pusat penyakit malas adalah hati dan  dapat diselesaikan dengan menyembuhkan hati juga. Hati adalah sentral dari semua organ manusia, ketika ia sudah baik maka baik jugalah seluruh tubuh begitupun sebaliknya ketika hati masih rusak maka jangan harap organ lain akan baik. maka para Ulama memberikan lima alternatif untuk membenahi hati yang sedang gundah:
  1. Membaca Al Qur’an dengan penuh penghayatan,
  2. Mendirikan shalat malam,
  3. Perbanyak zikir,
  4. Berkumpul dengan orang shaleh dan
  5. Berpuasa.
Sering- seringlah berbenah hati, Karena kalau sudah rusak kita akan sulit mengobatinya. Pastikan kondisi hati selalu mood dengan banyak bertaqarrub pada yang Maha Kuasa.

  • Kerjakan dari yang Wajib 
Tidur-tiduran, menonton film yang kurang bermanfaat, bergosip dan menunda-nunda adalah sebagian aktivitas yang sudah harus menjadi “Black List” dan dijauhi dalam agenda hidup kita ke depan. Sebab segala sesuatunya mempunya faktor "Sebab" dan "Akibat", maka usahakan semaksimal mungkin untuk meninggalkan segala faktor pendorong munculnya kemalasan ini. Kerjakanlah dari hal yang wajib, kemudian mubah dan coretlah dari list anda pekerjaan yang tidak manfaat.

  • Hadiaihi diri anda
Setiap kali Anda berhasil mengerjakan sesuatu dengan produktif, maka jangan sungkan untuk memberikan hadiah kecil kepada diri Anda sendiri. Seperti misalnya Anda bisa bangun pagi dan berhasil menjalani suatu kegiatan tanpa rasa malas maka katakan pada diri Anda “Apabila saya berhasil menyelesaikan pekerjaan ini tepat waktu, saya akan mencicipi makanan favorit berupa ....... di ........ sebagai hadiah untuk diri saya sendiri”  Hadiahilah diri anda jika hal yang anda ucapkan itu terlaksana dengan baik

  • Jangan lupa Selalu Berdoa
Rasulullah SAW pernah memohon dijauhi dari beberapa perkara yaitu:  kesulitan, kesedihan, lemah, malas, penakut, pelit, banyak hutang, dan tertindas. Tak ada sesuatu yang dijauhi Rasul kecuali memang ia memiliki dampak negatif yang luar biasa. Maka berdoalah sebagaiman Rasulullah berdoa semoga kita bisa dijauhi dari segala penyakit hati dan rasa malas. Amin



Menghilangkan rasa malas dengan Tindakan produktif Reviewed by Dani on 12:30:00 Rating: 5
All Rights Reserved by Ramdhani alqadri © 2014 - 2015
Designed by Themes24x7

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.