Top Ad unit 728 × 90

News Ticker

recent

Tips Sederhana Berjaga-Jaga Kalau File Penting Hilang


Kali ini saya akan bagi bagi tips yang pastinya amat sangat bermanfaat buat kalian ketahui terkhusus lagi bagi kalian para Mahasiswa/Pelajar, dosen, pegawai kantoran hingga Seorang pengusaha wajib mengetahui Tips ini. Buat berjaga-jaga jika disuatu saat File yang dalam komputer kamu tiba-tiba hilang baik itu dihapus oleh Virus atau tidak sengaja kalian Hapus sendiri *ceroboh.

Contoh kasus:

Sewaktu masih jaman SMA dulu, saya Punya teman sebut saja Si-Ucok. Ucok ini adalah anak yang cukup yang rajin, cukup pintar, dan melek teknologi. Ya tentu saja dia melek teknologi karna dia anak SMK jurusan Teknik Komputer Jaringan. Ucok yang rajin, cukup pintar, dan melek teknologi ini suatu hari mendapati seorang Dosen di suatu perguruan swasta terkemuka di daerahku kesulitan dengan Laptopnya. “Laptopnya lambat loading dan virusan mungkin butuh instal ulang” kata Pak Dosen tersebut.  
 
Melihat kesempatan emas itu si Ucok yang baik hati, rajin, pintar, melek teknologi, serta bisa install ulang windows itu merasa tertantang untuk menerapkan ilmu yang sudah dipelajarinya di sekolah. Ia menawarkan diri untuk menginstall ulang windowsnya. Dosennya senang  dan setuju. Laptop pak dosen tersebut ucok bawa pulang.

Namun apa daya, niat baik Ucok yang rajin, cukup pintar, dan melek teknologi serta bisa ulang windows itu rupanya tidak berbanding lurus dengan keberuntungannya. Tidak ada yang salah dengan proses install ulang yang ia lakukan terhadap laptop dosennya. Di luar kuasa sang Ucok, seluruh data di laptop dosennya itu hilang. Pftt nasib sial menghampirimu Ucok, hohoho *ketawa orang kaya.
Ucok panik. Berbagai macam software telah ia coba untuk me-recover data yang hilang namun hasilnya nihil. Ucok stress menangis sejadi-jadinya di pojok kamar yang gelap berhari-hari, nafsu makan hilang dan tidurpun tak tenang waktunya hanya diisi dengan Googling mencari jalan keluar dari permasalahan yang dia alami. Ditambah lagi pak dosen yang sudah mulai mencari-cari laptopnya yang dibawah Ucok karena ada pekerjaan yang harus ia selesaikan. Ucok yang rajin, cukup pintar, dan melek teknologi serta bisa intall ulang windows kini putus asa.

Setelah mengumpulkan keberanian dengan susah payah, akhirnya dengan putus asa ia menceritakan hal tersebut pada dosennya. Bahwa seluruh data yang ada di laptop itu hilang. Penelitian, bahan ajar, termasuk sebuah draft buku yang akan diterbitkan hilang begitu saja. Mari kita sudahi kisah memilukan ini sampai sini saja.

Hal yang menimpa teman saya ini mungkin adalah salah satu contoh kecil yang dapat kita ambil hikmahnya agar selalu waspada, teliti terhadap skenario terburuk yang suatu saat menimpa anda tanpa anda duga sebelumya.
Nah bagi teman-teman sekalian yang Pernah punya masalah kayak begitu maka marilah sejenak kita menundukkan kepala untuk mendoakan orang-orang yang pernah mengalami kejadian tidak menyenangkan ini.Berdoa di Mulai !!! Selesai!!!  :-D LoL  

Belajar dari peristiwa si Ucok ini saya menawarkan solusi yang jitu dan ini sering saya Gunakan untuk membackUp data atau draft saya secara berkala dengan menggunakan sistem cloud computing atau cloud storage dengan menggunakan layanan Gratis Google Drive.  Nah apa itu Google Drive Selengkapnya anda bisa baca di WIKIPEDIA.

Solusi File Penting Hilang

Secara sederhananya Google drive adalah layanan penyimpanan perusahaan raksasa google yang bisa teman-teman gunakan untuk menyimpan data-data penting (skripsi, Dokumen penting dll) di Internet, lebih sederhananya lagi kita Punya Hardisk tambahan di Internet. *kalau tidak tau apa itu hardisk Klik disini

Back to the Point, Apa manfaat Gdrive (Google drive) ?
Supaya apa yang terjadi pada Si Ucoki dan orang-orang yang kehilangan data tidak terjadi pada kita. Selain itu, kita tidak pernah tahu kan kapan kita butuh data yang penting dan tanpa kita tidak  perlu lagi membawa laptop atau flashdisk ke mana-mana, 24 jam bisa diakses.  Saya sendiri menggunakan cloud storage untuk menyimpan hasil scan data2 saya (akte kelahiran, dan Piagam2 hasil prestasi dan Lomba) . Jika anda berorganisasi dapat menggunakannya untuk menyimpan teks pelantikan anggota baru, jaga-jaga jika suatu kali pengurus lupa di mana menyimpan teks aslinya. Selama ada koneksi internet, anda  bisa mengakses data itu kapan dan di mana saja (termasuk di Toilet, serius). Selain itu Keamanan data anda juga akan aman tersimpan diserver google dan tidak kalah penting adalah penghematan biaya (orang indonesia kan biasanya suka sama yang gratisan, termasuk saya tentunya hehe).

Siapa yang sebaiknya menggunakan Gdrive?
siapa saja, baik itu Si Ucok yang telah menghilangkan file Pak Dosen, Pelajar dan mahasiswa untuk menyimpan tugas, penulis untuk menyimpan draft, tim kreatif untuk berbagi ide dan file, guru dan dosen untuk menyimpan bahan ajar, para personal maupun profesional. All of you Joint it.

Apa kekurangan dari sistem cloud computing dan cloud storage (Google Drive) ini?      
Namanya saja manusia yang bikin sistem ini pun tidak lepas akan kekurangan, kekurangannya terletak pada hal keamanan. Setiap akun dilindungi oleh password yang bisa saja diketahui orang lain jika kita tidak berhati-hati tentunya. Walaupun kita sudah begitu berhati-hati tetap tak menutup kemungkinan juga akun kita dibuka orang lain. Kekurangan lain adalah gangguan pada saat mengakses data, entah itu disebabkan karena koneksi internet yang bermasalah atau server yang sedang ‘down’.

Bagaimana cara menggunakan Gdrive (cloud computing dan cloud storage)?
Nah disinilah kelebihan dengan menggunakan layanan  Google Drive, Penggunaannya amat sulit (bagi yang gaptek) dan tentu saja amat mudah bagi yang non-Gaptek. Kita cukup Punya akun email Google (Gmail) dan mendaftar di sini                                                                  
*kalau ada yang bertanya boleh ndak kalau pake email yahoo? Jawabannya tidak bisa, karna ini adalah layanan google dan khusus bagi pengguna email goole yang bisa menggunakan layanannya.



Screen Shoot Google drive

Selain itu, Google Drive juga punya fitur sinkronisasi. Kita bisa mengalokasikan satu folder di komputer kita sebagai folder untuk Google Drive. Apabila tersambung dengan internet, kita bisa mengakses semua data di cloud seperti data di folder-folder kita yang lain seolah data itu memang ada di komputer kita. Aktifitas semacam upload atau download dapat dilakukan semudah copy + paste.



Nah, semoga postingan ini berguna. Ingat, kita bisa mengupload file apa saja - teks, foto, video, dan lain-lain namun ingat, semua sistem pasti punya kekurangan. Hal-hal yang bersifat pribadi dan untuk tujuan personal sebaiknya jangan pernah di-upload ke internet. Data hilang, rusak, atau dibutuhkan tiba-tiba, sekarang bisa diakses kapan dan di mana saja selama ada akses internet.
Ini adalah contoh penggunaan sederhana dari cloud computing dan cloud storage, jika ingin tahu lebih banyak bisa langsung tanya sama om Google.
Di kesempatan yang lain mungkin saya akan berbagi pengalaman cara mengembalikan file yang hilang karena tidak sengaja terformat. Terimakasih sudah baca, ingat tinggalkan komentar :)


Tips Sederhana Berjaga-Jaga Kalau File Penting Hilang Reviewed by Dani on 18:11:00 Rating: 5
All Rights Reserved by Ramdhani alqadri © 2014 - 2015
Designed by Themes24x7

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.