Top Ad unit 728 × 90

News Ticker

recent

Tips Ampuh Mengatasi Masalah yang Rumit

tips trouble maker life

Hidup ini memang tidak luput dari berbagai masalah yang rumit. Semua orang mempunyai masalahnya masing-masing. Jika semua orang punya masalah, lalu mengapa ada orang yang bahagia dan sukses, sementara sebagian yang lainnya tidak?

Berkaitan dengan judul " Tips Ampuh Mengatasi Masalah yang Rumit " maka muncul pertanyaan, Mengapa harus menyelesaikan masalah?

Ya,  masalah yang ada akan terus ada meski pun Anda sudah bisa mengatasi masalah sebelumnya. Namun, jika Anda tidak bisa mengatasi masalah Anda satu persatu, sementara masalah yang lain terus datang , maka masalah Anda akan menumpuk. Akhirnya stress dan jadi "orang bermasalah". Maukah anda begitu? tentu saja tidak.
Untuk itu, jika hidup Anda ingin nyaman dan bahagia, wajib menguasai tips nya bagaimana cara mengatasi masalah. Supaya, setiap masalah datang mudah kita atasi.

Sebelum saya memulai pembahasannya tidak ada salahnya anda menyimak sedikit cerita berikut ini :


Tak Sesulit Yang Anda  Bayangkan
                      
  Di sebuah ladang terdapat sebongkah batu yang amat besar Dan
  seorang petani tua selama bertahun-tahun membajak tanah yang ada di
  sekeliling batu besar itu. Sudah cukup banyak mata bajak yang pecah
  gara-gara membajak di sekitar batu itu. Padi-padi yang ditanam di sekitar
  batu itu pun tumbuh tidak baik.

  Hari ini mata bajaknya pecah lagi. la lalu memikirkan bahwa semua
  kesulitan yang dialaminya disebabkan oleh batu besar ini. Lalu ia
  memutuskan untuk melakukan sesuatu pada batu itu.

  Lalu ia mengambil linggis dan mulai menggali lubang di bawah batu.

  Betapa terkejutnya ia ketika mengetahui bahwa batu itu hanya setebal
  sekitar 6 inchi saja. Sebenarnya batu itu bisa dengan mudah dipecahkan
  dengan palu biasa. Kemudian ia lalu menghancurkan batu itu sambil
  tersenyum gembira, la teringat bahwa semua kesulitan yang di alaminya
  selama bertahun-tahun oleh  batu itu ternyata bisa diatasinya dengan
  mudah dan cepat.

  Pesan Moral:
  Kita sering ditakuti oleh bayangan seolah permasalahan yang kita hadapi
  tampak besar, padahal ketika kita mau melakukan sesuatu, persoalan itu
  mudah sekali diatasi. Maka. atasi persoalan anda sekarang. Karena belum
  tentu sebesar yang anda takutkan, dan belum tentu sesulit yang anda
  bayangkan.

Solusi Sukses Menghadapi Permasalahan 

 

  • Nikmatilah Masalahmu!
Jangan pernah berpikir bahwa orang-orang yang selalu tersenyum di depanmu bebas dari segala masalah. Bisa jadi, mereka justru sedang berhadapan dengan masalah yang lebih besar dari masalah yang sedang kamu hadapi. Namun, karena mereka memilih untuk menerimanya dengan ikhlas, menjalaninya dengan sabar, dan menikmatinya, maka tampaklah mereka seperti orang yang tak bermasalah. 
Cobalah kita belajar menikmati setiap masalah yang sedang kita hadapi, layaknya menikmati suasana malam yang sunyi, ditemani secangkir kopi, apalagi belinya gratis, pasti tambah nikmat bukan? Hehehe..
Dengan menikmatinya, kita tidak hanya akan mendapatkan pesan allah ta'ala (pelajaran), tapi juga kenikmatan yang luar biasa. Nikmatilah masalahanmu dengan caramu sendiri...
Hidup tanpa masalah bagaikan orang hidup tanpa tujuan. Ia memilih untuk berdiam diri dan tidak melakukan apapun sepanjang waktu. Padahal, membuat suatu kesalahan adalah jauh lebih baik daripada hanya berdiam diri, karena dari kesalahan itu, akan dapat memberikan banyak pelajaran baginya... 
  • Fokuslah untuk Mencari Solusinya
Solusi. pertama mengatasi masalah dalam hidup adalah dengan menjauh untuk fokus kepada masalah yang anda hadapi tetapi mulai untuk mencari solusi dari masalah anda. Cobalah anda geser pikiran anda ke sebelah masalah itu, maka yang anda temui adalah solusi. Kalau masalah disimbolkan sebagai sebuah gunung yang besar, maka carilah disetiap sisi gunung  itu, entah diatas, dikiri,dikanan, dibawah atau dimana saja, karena dalam kesulitan itu sudah ada kemudahan hanya diri kitalah yang membuat selalu fokus kepada kesulitan.
Saya mencoba ilustrasikan seperti ini. Coba anda bayangkan, anda berada dalam sebuah kamar dan terkunci didalamnya,  kuncinya hilang entah terjatuh atau bagaimana sehingga anda tidak bisa keluar dari kamar itu, dan celakanya ketika anda berteriak tidak ada seorang pun yang mendengarkan dan datang membantu anda. Coba anda rasakan jika anda yang berada dalam situasi itu. Lalu apakah yang anda lakukan hanya fokus kepada pintunya dan hanya terus berteriak ? tentu saja tidak ada yang mendengar teriakan anda, jika anda fokus kepada masalah yang ada tentu yang terjadi adalah anda akan ketakutan bahkan anda bisa melemas dalam ruangan itu. Tetapi, bagaimana jika anda menenangkan diri sejenak, lalu menjauh dari pintu itu dan mulai melihat sisi lain dari kamar tersebut. Anda mencari-cari sebuah alat secara tenang dikamar itu, lalu  melihat sebuah perangkat pertukangan yang berada dalam lemari dikamar tersebut, dan berhasil membuka paksa pintunya. nah bukankah itu solusinya? Coba jika tadi anda hanya fokus kepada pintunya, apakah anda bisa menemukan perangkat pertukangan untuk membuka pintu itu?tentu tidak. Sama halnya juga dalam hidup anda, jika yang anda lakukan saat mendapat masalah adalah meratapinya, mengeluh, mencari alasan terjadinya. Maka yang terjadi adalah Semakin anda berfikir maka semakin berat beban yang dirasakan. Cara yang benar adalah dengan mecari solusi. Jadi mulailah untuk berhenti selalu memperbesar perasaan memiliki masalah, namun mulailah berpikir bagaimanakah solusinya?.
  •  Membuat masalah menjadi terasa manis
Permasalahan datang untuk kita hadapi, bukan untuk dicaci atau dimaki. Musibah adalah proses pendewasaan. Tanpa permasalahan kita takkan pernah bisa dewasa.Tanpa kesusahan kita takkan bisa menjadi orang yang luar biasa.
"Jalan yang lurus dan rata takkan pernah menghasilkan pemandu yang hebat. Laut yang tenang takkan pernah menghasilkan pelaut yang cakap. Langit yang cerah takkan pernah menghasilkan juru terbang yang handal."
Tersenyumlah mereka yang memiliki masalah dan mampu mengatasi permasalahan tersebut dengan bijak, yaitu dengan tetap selalu bergantung kepada keputusan Allah yang maha adil setelah tawakal dilakukan dengan begitu masalah akan terasa lebih manis.
  •  Ingatlah 7 hal ini
  1. Keluarga 
  2.  Kesehatan
  3. Semua Hal Kecil

  4. Teman-Teman
  5. Masa Depan
  6. Masa Kini
  7. Kegagalan dan Kesalahan Masa Lalu      
  • Instropeksi Diri
 Salah satu cara Allah SWT untuk mendidikmu menjadi pribadi yang tegar, tangguh dan lebih kuat adalah melalui cobaan ini. jadikanlah hal ini sebagai pelajaran Yang harus kamu ambil hikmahnya mungkin disebabkan karena kelalaian kamu dalam melakukan ketaatan kepada-nya Tuhan pencipta Alam semesta.

Surah At-Thalaq : 4

  • Hadapi masalah bagaikan segelas air
Menghadapi masalah bisa dianalogikan dengan cerita dibawah ini:
Pada saat memberikan kuliah tentang Manajemen Stres, Steven Covey, pakar Leadership-7 Habits, mengangkat segelas air dan bertanya kepada para siswanya: seberapa berat menurut Anda segelas air ini?
Para siswa menjawab mulai dari 200 gr sampai 500 gr. ”Ini bukanlah masalah berat absolutnya, tapi tergantung berapa lama Anda memegangnya,” kata Covey.”Jika saya memegangnya selama 1 menit, tidak ada masalah. Jika saya memegangnya selama 1 jam, lengan kanan saya akan sakit. Dan jika saya memegangnya selama 1 hari penuh, mungkin Anda harus memanggilkan ambulans untuk saya. Beratnya sebenarnya sama, tapi semakin lama saya memegangnya, maka bebannya akan semakin berat.”
Jika kita membawa beban kita terus-menerus, lambat laun kita tidak akan mampu membawanya lagi. Beban itu akan meningkat beratnya,” lanjut Covey. ”Yang harus kita lakukan adalah meletakkan gelas tersebut, istirahat sejenak sebelum mengangkatnya lagi.”
Inilah point terakhir yang ingin saya sampaikan, Cobalah meninggalkan beban kita secara bertahap agar kita dapat merasa lebih segar, kuat, dan mampu membawanya lagi. Misalnya beribadah,berdoa,jalan-jalan serta sebelum tidur tinggalkan dulu beban itu. Apa pun beban yang ada di pundak kita hari ini, coba tinggalkan sejenak jika bisa. Setelah beristirahat nanti dapat ambil lagi, untuk dipikirkan juga jalan keluarnya.

Selamat menyelesaikan masalah!
Semoga cara diatas dapat membantu mempermudahkan anda menyelesaikan masalah yang sedang anda hadapi dalam hidup ini.

Tips Ampuh Mengatasi Masalah yang Rumit Reviewed by Dani on 06:50:00 Rating: 5
All Rights Reserved by Ramdhani alqadri © 2014 - 2015
Designed by Themes24x7

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.